Rabu, 20 Maret 2013

DETAK DAN GERAKAN ORGANISASI



Svarna Dvipa Ungu: DETAK DAN GERAKAN ORGANISASI

      Sebagai sebuah organisasi yang telah berusia 12 tahun setelah fakum pada tahun 1985 dan berdiri kembali pada tanggal 10 november 1998 dan berganti nama dari Svarna Dvipa menjadi Svarna Dvipa Ungu, Svarna Dvipa Ungu tentunya telah mengembangkan bentuk organisasinya hingga kearah yang ideal, sesuai dengan tuntutan zaman, tuntutan visi misi, dan tujuan organisasi itu sendiri. Apalagi konon katanya, orang-orang Peternakan yang dapat kuliah soal organisasi tentunya paham bagaimana membentuk organisasi menjadi lebih dan lebih baik lagi.
       Svarna Dvipa Ungu selain terdapat Ketua, Skretaris, bendahara, terdapat 3 bidang, dengan berbagai macam divisi didalamnya. Dalam rubric ini, tidak membahas perihal ihwal struktur, akan tetapi melihat lebih dekat dengan kacamata curhat untuk memahami kegiatan tiap sumber daya pengurus


Ketua, Sekretaris, Bendahara.

      Ketua, tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebagai seorang pilihan dari sekian banyak orang tentunya dialah orang pilihan yang diberikan amanah untuk membawa biduk (bukan kayak, ben omot wongakeh) Svarna Dvipa Ungu menuju garis tujuannya. Meskipun there is no finish line, Svarna Dvipa Ungu bias berkata there is no reason to give up!. Sekretaris, bias dibilang asistennya ketua, orang kedua setelah ketua yang tahu bagai mana kegiatan Svarna Dvipa Ungu akan dilaksanakan, urusan surat menyurat dan ketersediaan logistic KSK berada diwilayah kerjanya. Bendahara, urusan pitih kasiko, manajemen keuangannya, jadi orang yang paling serius, hati-hati, dan kadang pelit jika sudah bersentuhan dengan wilayah hukum uang Svarna Dvipa Ungu.

Bidang Keorganisasian

       Bidang keorganisasian ini, adalah bidang yang bertugas mensupport dan mendokumantasikan segala yang terjadi dalam setiap kegiatan Svarna Dvipa Ungu, dan juga mempunyai tanggung jawab menjaga seluruh asset Svarna Dvipa Ungu.

·         Keanggotaan
Anggota Svarna Dvipa Ungu adalah berasal dari mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas dengan status keanggotaan Seumur Hidup. Pada data base Svarna Dvipa Ungu akan tercatat banyaknya anggota yang masuk setiap tahunnya.

·         Logistik
Divisi yang dicari oleh setiap orang, terutama jika urusan pinjam meminjam alat antar Mapala, atau pun ketika satu divisi akan berangkat operasional, maka saat inilah orang yang bertanggung jawab di divisi ini, bisa ditanyai macam-macam hal soal perlengkapan oleh yang empunya hajat operasional. Bersama-sama dengan seluruh anggota Svarna Dvipa Ungu bertanggung jawab menjaga seluruh asset Svarna Dvipa Ungu.

Bidang Humas
       Kita hidup didunia ini tidak sendiri, banya orang lain selain kita. Maka Svarna Dvipa Ungu tidak bias buta akan hal itu, maka selayaknya Svarna Dvipa Ungu menjalankan tugas sosialnya untuk tetap berinteraksi dengan sesame mahasiswa Peternakan, sesame mahasiswa Unand, sesame Mapala di kampus Unand, sesame mahasiswa diluar Unand, sesame Mapala diluar Unand, senior-senior, dosen-dosen, dan kalangan lain yang tentu saja membutuhkan info seputar Svarna Dvipa Ungu. Agar tetap terjaga komunikasi dengan baik.
Bidang Operasional
       Operasional, adalah kegiatan Svarna Dvipa Ungu yang biasanya dilakuka diakhir pekan, sebagai sarana training dan upgrading, ataupun sekedar refreshing, untuk membentuk rasa homy dengan alam melatih skill kepecintaalaman kami. Ada 3 divisi dalam bidang operasional ini:
·         Gunung Hutan
Orang yang suka trekking dan camping, biasanya pada ngemping di divisi ini, dan juga divisi di mana orang-orang didalamnya tak pernah lelah membaca jejak cacing dalam peta cacinggrafi untuk mengasah skill navigasi cacing, yang kadang membuat pusing sebagian orang yang tidak terbiasa membacanya, akan tetapi dalam setiap langkah mereka yang kadang terjebak dalam kebingungan orientasi medan lapangan dalam situasi stress yang bias-bisa jika tidak ada kesabaran yang tinggi bisa terjadi  konflik antar anggota (curhat) dan itulah yang membentuk tim ini solid dan semakin akan solid jika diimbangi dengan latihan teratur, makanan bergizi dan imunisasi. Karena dengan latihan teratur itulah, maka puncak-puncak impian akan mereka capai. Dari Singgalang hingga insya Allah, EVEREST!
·         Tebing
Tebing, adalah nama divisi untuk orang-orang di Svarna Dvipa Ungu menyukai olahraga panjat, tidak hanya panjat tebing alam saja, juga panjat tebing buatan semacam wall ataupun boulder. Sehingga jangan kaget melihat cengkraman tangan dari orang-orang divisi ini, lumayan kuat untuk meremas-remas eh mencengkram batu yang keras ( kata kerja remas biasanya digunakan untuk suatu yang empuk bukan yang keras) dan dengan semangat yang tinggi, setinggi tebing yang akan mereka panjat, latihan rutin, semangat baja, kemudian operasional rutin untuk mengejar target skillpun dengan semangat mereka lalui ( meskipun kadang berat ) namun, dari puncak Gunung padang, Harau Payokumbuh, wall MPALH UNP, wall KOMMA, wall MPNP(MPU), bolderan PAITUA dan masih banyak lainnya, sudah berhasil mereka capai puncaknya.

·         Dokumentasi & Jurnalistik
Sejarah Svarna Dvipa Ungu, tidak hanya dibawa oleh para pelaku hidupnya, akan tetapi juga terkumpul dalam wujud catatan-catatan perjalanan, foto-foto, ataupun laporan-laporan yang bersemayam diloker pusdok, yang membawa kabar dari masa ke masa untuk terus dilanjutkan ke masing- masing orang yang bermain di Svarna Dvipa Ungu. Divisi yang secara rutin tiap bulan ini menerbitkan tulisan ataupun foto terbaru seputar Svarna Dvipa Ungu ke dalam madding untuk publikasi Svarna Dvipa Ungu kemahasiswa Peternakan, agar kegiatan yang dilakukan Svarna Dvipa Ungu dapat bergema.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar